Rabu, 23 Maret 2016

Berbagi pengalaman membuat BONSAI untuk pemula

Untuk memulai membuat bonsai memerlukan beberapa persiapan yang pertama adalah menyiapkan bonggol tanaman yang akan dibonsai, pilih yang sudah lumayan besar dan polanya sesuai dengan selera, Kemudian siapkan pot yang sesuai dengan bentuk bonsai lalu Siapkan media tanam untuk bonsai, Sediakan kawat dan gunting tanaman untuk proses pembuatan. 

www.bonsaiempire.com
Untuk proses pembentukan bagian batang, tanaman bonsai tidak perlu mendapatkan nutrisi makanan yang berlebih, Sehingga sebaiknya gunakan media tanam yang strukturnya padat dan memiliki sedikit unsur hara Misalnya gunakan tanah dan sedikit krikil / batu berukuran kecil.
Dalam pembentukan pola menggunakan kawat disarankan pakai stainless steel dengan ukuran minimal 3 mm. Kawat ini berfungsi untuk menahan dahan dan membentuknya ke pola tertentu sesuai selera. Lama pembentukan pola tidak bisa ditentukan waktunya ada yang 3 bulan, 6 bulan sampai 1 tahun tergantung bahan bonsai yang akan dibuat, lalu kawat bisa dilepas ketika kamu sudah mendapatkan pola sesuai yang di inginkan.
Untuk membuat pola yang bagus, harus tahu cara pemasangan kawat yang benar. Caranya adalah dengan melilitkan melingkar mulai dari pangkal dahan hingga ujung dahan. Untuk menjaga dahan agar tidak patah, dan harus berhati-hati ketika proses pemasanganya. Gunakan bantuan tang untuk memudahkan kamu dalam melilitkan kawat.
Ketika melilitkan kawat, tidak perlu ragu untuk membuatnya menempel dengan dahan namun jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu kendor. Biasanya bekas kawat itu akan menjadi hiasan yang bagus ketika bonsai membesar.
Langkah selanjutnya merupakan standar yang harus dilakukan untuk merawat semua jenis tanaman. Sama seperti halnya tanaman lain, bonsai harus diberi pupuk dengan takaran yang sesuai, tidak perlu berlebihan. Unsur - Unsur yang harus ada dalam pupuk adalah Nitrogen, Fosfor dan Potassium. Ketiga unsur tersebut merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan bonsai.

Pada tahap awal bonsai haru melakukan adaptasi ketika berpindah dari media tanam satu ke media tanam lain, Proses adaptasi itu biasanya berlangsung antara 2 sampai 3 minggu. Selama waktu itu jangan gunakan pupuk, biarkan akar pulih dan telah beradaptasi. Letakkan bonsai pada area yang tidak terkena cahaya secara langsung. dan biarkan bakalan bonsai tumbuh semi hingga daun lebat lalu pangkas
kemudian setelah bonsai sudah membentuk sesuai dengan pola yang diinginkan dan SIAP dipindahkan ke pot bonsai sebaiknya diangkat lalu pangkas akar bonsai. Hal ini dilakukan untuk menjaga akar bonsai agar tidak tumbuh secara berlebihan. Jika dibiarkan, akar bonsai dapat menguasai pot dan membuat area media tanam menjadi berkurang.
Pemangkasan (prunning) juga harus dilakukan pada daun bonsai. Pemangkasan secara berkala dapat membuat bonsai akan terlihat lebih cantik, indah, rapi dan menarik.

beberapa Contoh bakalan bonsai milik pribadi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar